Hal yang harus Dipertimbangkan sebelum Meminjam Uang untuk Modal Bisnis

Tokopulsa.org - Untuk dapat memulai dan menjalankan bisnis apa pun tak terkecuali bisnis pulsa tentu membutuhkan yang namanya modal. Besar atau kecilnya modal tentu bergantung pada skala dan bisnis yang akan dijalankan. Dan modal bisa didapatkan dari uang pribadi, patungan, investor dan dari pinjaman. Modal juga tidak melulu dalam bentuk uang cash, tapi bisa bangunan, kendaraan, lahan, peralatan, dll. yang sudah ada untuk digunakan dalam bisnis. 


Jika Anda baru akan memulai bisnis yang tidak memerlukan modal yang besar seperti bisnis agen pulsa dan pembayaran online, lebih baik menggunakan uang pribadi hasil dari tabungan sendiri. Pertimbangkan dengan masak bila hendak pinjam uang untuk modal bisnis karena risikonya terlalu tinggi. Apabila terpaksa harus pinjam uang, maka pinjamlah uang dari lembaga keuangan resmi seperti bank syariah. Jangan pernah sekali-kali meminjam uang dari pinjaman online yang tidak resmi atau rentenir, karena risikonya terlalu besar. Walau di awal Anda merasa terbantu, tapi seiring berjalannya waktu, Anda akan memikul beban berat membayar utang dengan bunga yang besar.


Solusi yang relatif aman untuk kelangsungan bisnis lebih baik modal menggunakan uang pribadi atau cari mitra bisnis untuk bekerja sama mengelola bisnis dengan masing-masing menyetor modal. Alternatif lainnya, Anda mencari investor yang mau menanamkan modalnya pada bisnis Anda. Tapi tentu hal ini cukup sulit dilakukan bagi pemula karena harus mampu meyakinkan calon investor bahwa bisnis yang akan dijalankan cukup menguntungkan dan Anda beri jaminan tidak akan mengalami kerugian minimal bisa balik modal. 


Pilihan terakhir dan mungkin yang banyak dilakukan banyak orang sebagai jalan pintas mendapatkan modal adalah dengan meminjam uang terutama dari bank-bank resmi. Namun perlu diingat bahwa saat Anda memutuskan untuk meminjam uang untuk modal bisnis, Anda akan punya beban untuk mengembalikan pinjaman pokok dan bunganya. Karena itu sebaiknya kalau terpaksa harus meminjam uang, pinjam dari bank syariah agar terhindar dari riba, dan dilakukan untuk mengembangkan bisnis bukan untuk memulai bisnis. 

Hal yang harus Dipertimbangkan sebelum Meminjam Uang untuk Modal Bisnis - Toko Pulsa Murah Online


Hal yang harus Dipertimbangkan sebelum Meminjam Uang untuk Modal Bisnis

Dan berikut ini beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum meminjam uang untuk modal bisnis, yaitu:


Jenis Pinjaman

Saat sudah memutuskan untuk meminjam uang untuk modal, maka Anda harus sudah memutuskan juga dari lembaga keuangan resmi mana Anda mengajukan pinjaman uang. Apakah Anda akan meminjam uang dari bank, koperasi atau lembaga keuangan resmi lainnya. Hindarkan meminjam uang dari perorangan terlebih yang terang-terangan menetapkan bunga yang tinggi. Kalaupun bisa meminjam dari teman atau keluarga, maka tetap harus punya komitmen untuk mengembalikan uang sesuai tenggat waktu yang ditetapkan dan disepakati. 


Sementara bila hendak meminjam uang dari lembaga keuangan resmi, maka Anda harus mengoreksi diri apakah bisa memenuhi syarat yang ditetapkan lembaga keuangan tersebut. Anda juga harus mengetahui detail syarat dan ketentuan yang berlaku seperti besar bunga dan lama cicilan untuk pelunasan pinjaman.


Keuntungan dan Kerugian

Penting untuk memperhatikan dan memperhitungkan keuntungan dan kerugian yang mungkin terjadi bila meminjam uang untuk modal. Mengingat masing-masing lembaga keuangan mempunyai syarat dan ketentuan yang berbeda-beda. Seperti ada yang menawarkan persyaratan yang mudah dan cepat, tapi membebankan bunga yang cukup tinggi yang harus dibayar tiap bulannya. Selain itu harus pula diperhitungkan risiko apabila gagal mengembalikan atau membayar pinjaman, seperti apa dampaknya pada diri Anda atau bisnis Anda. Demikian juga jika meminjam uang untuk modal dari teman atau keluarga, akan seperti apa hubungan dikemudian hari saat Anda gagal mengembalikan pinjaman.


Dampak dan Potensi

Anda harus benar-benar mempertimbangkan dengan matang apakah uang pinjaman yang didapatkan sebagai modal bisa berdampak positif pada bisnis yang akan dijalankan. Demikian juga dengan dampak negatif yang mungkin saja terjadi, karena bagaimanapun uang pinjaman akan menjadi beban yang harus dibayar. Karena pengelolaan keuangan bisnis menjadi sangat penting agar pengeluaran dan pemasukan juga saldo bisa tercatat dengan jelas dan detail, sehingga kondisi keuangan dan kemampuan membayar bisa terkontrol. 


Maka dari itu sebelum meminjam uang harus dipertimbangkan akan digunakan untuk apa saja uang tersebut, dan pinjaman untuk jangka pendek, sekali atau terus menerus. Semua harus sudah dipertimbangkan dan di analisa dengan teliti, jangan sampai berdampak negatif terhadap perkembangan bisnis. Akan tetapi saat memutuskan untuk meminjam uang, Anda harus sudah memperhitungkan potensi dari bisnis yang akan dijalankan bisa berkembang.


Demikianlah informasi singkat mengenai beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum meminjam uang untuk modal bisnis termasuk bisnis pulsa. Salah satu usaha atau bisnis yang tidak membutuhkan modal yang besar bisa mulai menjalankan bisnis agen pulsa dan pembayaran online. Segera daftar di Toko Pulsa agar bisa segera berjualan pulsa dan paket data juga pembayaran online atau PPOB. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

CARA PENDAFTARAN

Ingin menjadi Agen Pulsa Murah Dan Voucher Game Serta Ppob Terlengkap. Dan Bisa Di Downline Kan Lagi
SILAKAN DAFTAR DENGAN FORMAT
MD#NAMA#KOTA

CONTOH:
MD#TOKO CELL#BANDUNG

Kіrіm SMS / WHATSAPP kе CENTER Kami Dі bаwаh Inі

SMS Center

WhatsApp Center

Jika sudah mendapatkan balasan silakan simpan dengan baik balasan dari kami berupa ID & PIN.

Catatan: Jika Center lаіn tіdаk rеѕроn, silakan ulangi trаnѕаkѕі Andа dan kirim Kеmbаlі kе SMS CENTER yang lain.

Ketik: CENTER

Lewat SMS/WA Lalu kіrіm kе ѕаlа ѕаtu Nоmоr ѕmѕ сеntеr kami dі аtаѕ untuk mеngеtаhuі Nоmоr SMS CENTER уаng aktif.

Telegram Center

REKENING DEPOSIT

Deposit Open Setiap Hаrі Mulаі Pukul 06.00 - 22.00 WIB

BCA

A/N :

BNI

A/N :

MANDIRI

A/N :

BANK BRI

A/N :